WOW, IPB Menyalib Universitas Indonesia Menjadi Perguruan Tinggi Terbaik 2016

Daftar 11 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia Tahun 2016:
1. Institut Teknologi Bandung (3,743)
2. Universitas Gadjah Mada (3,690)
3. Institut Pertanian Bogor (3,490)
4. Universitas Indonesia (3,412)
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3,289)
6. Universitas Brawijaya (3,217)
7. Universitas Padjadjaran (3,075)
8. Universitas Airlangga (3,064)
9. Universitas Sebelas Maret (3,035)
10. Universitas Diponegoro (2,983)
11. Universitas Hasanuddin (2,978)

Daftar di atas merupakan data yang diterbitkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Peringkat yang dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat ini merilis posisi teratas diraih Institut Teknologi Bandung, kemudian Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Indonesia.

Hasil pemeringkatan ini diperoleh dari empat kriteria, yakni kualitas dosen atau sumber daya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Dapat disimpulkan, Universitas yang paling rajin memasukkan data-data soal kondisi universitasnya mungkin yang masuk dalam kriteria terbaik ini.

Hasil riset ini diambil berdasarkan data yang didapat dari laporan perguruan tinggi Indonesia di Pangkalan Data Perguruan Tinggi dan data eksternal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) per Desember 2014. Kementerian memberi skor dari skala 1 sampai 4 terhadap pemeringkatan ini.

Dari pemberian peringkat ini, juga dimaksudkan untuk memudahkan memberikan bimbingan kepada Universitas/kampus yang pada saat ini belum dapat melaporkan kegiatan kampusnya secara intensif. Sehingga program pembinaan menjadi tepat sasaran untuk universitas yang ada di Indonesia, baik untuk Perguruan Tinggi Negri maupun Swasta.
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.