Kuliah Online Gratis 2014

Setelah Kemdikbud menginformasikan akan membuat sistem perkuliahan online di tahun 2014 ini, sebelumnya banyak kampus di Indonesia yang sudah menyelenggarakan perkuliahan online. Namun, ajang peresmian oleh kemendikbud ini, banyak disambut dengan baik oleh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Salah satu Perguruan Tinggi yang memanfaatkan momentum ini ialah Universitas Terbuka (UT), Kampus tersebut meluncurkan metode belajar e-learning berupa kuliah terbuka online atau Massive Open Online Courses (MOOCs) gratis bagi semua kalangan dan masyarakat sekalipun bukan mahasiswa UT.

UT yang merupakan anggota Open CourseWare Consortium dalam kesempatan menyambut dies natalis UT ke-30. Berbekal pengalaman penelitian dan pengembangan informasi, komunikasi dan teknologi untuk pendidikan terbuka lebih dari 15 tahun, UT mempersembahkan kuliah terbuka online ini.

Masyarakat mulai Kamis (13/3) bisa mendaftar melalui url: http://moocs.ut.ac.id/. Kuliah online ini gratis untuk keseluruhan masyarakat, semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan koneksi internet dan membuka alamat url di browser untuk pertama kali pendaftaran.

"Registrasi/Pendaftaran kuliah terbuka online ini akan dibuka hingga 1 Mei 2014, pembelajaran berlangsung selama dua bulan mulai 2 Mei 2014 sampai 2 Juli 2014 dan sertifikasi pada 2 Agustus 2014."

Selain meluncurkan kuliah terbuka online, UT juga meluncurkan program magister online dan pemanfaatan layanan UT berbasis teknologi cloud bagi para mahasiswanya. Berbagai terobosan teknologi dalam dunia pendidikan ini diharapkan semakin mendukung metode pengajaran virtual yang dikembangkan UT.

Semoga dengan adanya kuliah online gratis di tahun 2014 ini, dapat memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Dan dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, walaupun memiliki berbagai macam keterbatasan dalam berbagai hal.

Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment