Informasi Terbaru:
Home » , » Universitas Yang Murah dan Berkualitas di Jakarta

Universitas Yang Murah dan Berkualitas di Jakarta

Written By Admin on Friday, August 9, 2013 | 1:42 PM

Sebelum kita mencari Universitas yang murah dan berkualitas di Jakarta, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu, mengenai perbedaan antara: Universitas, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik, dan Institut.

Perbedaan tersebut dapat kita pahami dengan membaca peraturan pemerintah no. 60 tahun 1999, yang isinya antara lain sebagai berikut:
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 60 TAHUN 1999
TENTANG
PENDIDIKAN TINGGI

Pasal 6
(1) Satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi disebut perguruan tinggi, yang dapat berbentuk akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut atau universitas.
(2) Akademi menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian tertentu.
(3) Politeknik menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.
(4) Sekolah tinggi menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau profesional dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu.
(5) Institut menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/ atau profesional dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian yang sejenis.
(6) Universitas menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu.

Pada penjelasannya diinformasikan bahwa Sekolah tinggi menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau profesional dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu. Sedangakan perbedaannya dengan Universitas adalah, Universitas memiliki 4 atau lebih Sekolah Tinggi atau dalam pelaksanaannya dalam universitas akan disebut sebagai Fakultas.

Jadi, Sekolah Tinggi serupa dengan Fakultas pada Universitas. Sekolah Tinggi belum menjadi Universitas karena biasaanya pihak yayasan atau pengelola perguruan tinggi belum memiliki kebutuhan untuk mengelola Perguruan Tingginya untuk dijadikan Universitas yang harus memiliki 4 atau lebih Fakultas.

Nah, oleh karena itu dalam pencarian universitas yang murah dan berkualitas sebenarnya tidak terbatas pada sebuah Universitas saja, melainkan mencakup kepada Sekolah Tinggi, akademi, Politeknik, maupun Institut.

Contohnya: Jika anda ingin memcari Fakultas Pariwisata yang ada di Jakarta, tentunya akan sulit untuk menemukan Fakultas tersebut dari sekian banyaknya Universitas yang ada di Jakarta. Namun, Jurusan Tersebut dapat anda temukan pada akademi-akademi pariwisata dan perhotelan yang ada di Jakarta, sebagai contoh Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi misalnya.

Akademi Pariwisata Pertiwi menyelenggarakan pendidikan mengenai dunia Pariwisata dan Perhotelan karena sesuai dengan peraturan pemerintah di atas "Akademi menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian tertentu." Mengapa di Universitas sulit ditemukan Jurusan ini? karena kebanyakan Universitas hanya menyelenggarakan Pendidikan Akademik saja, berbeda dengan akademi yang lebih mengarah kepada pendidikan Profesional dibidang yang ditekuninya.

Kesimpulannya adalah, temukan dahulu minat anda, studi apa yang akan anda ambil dalam menempuh jenjang perguruan tinggi, setelah itu baru cari Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi, Maupun Institut yang memiliki jurusan yang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Setelah menemukan beberapa pilihan, barulah kita sesuaikan yang terbaik dan dengan harga yang terjangkau tentunya. Semoga bermanfaat.
advertisements

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Unlimited Content Creation By Ekomarwanto.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Kuliah Cepat, Murah, dan Berkualitas di Jakarta - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template