Mempersiapan Keuangan Untuk Perkuliahan Masa Depan

Menurut Ligwina Hananto MBA, konsultan keuangan Quantum Magna Financial, biaya pendidikan rata-rata naik sekitar 20% per tahun. Belum lagi laju inflasi di Indonesia. .Inflasi untuk sekolah swasta di Indonesia sekitar 20% per tahun, dan 15% per tahun untuk universitas di Indonesia.

Bukan karena besar kecil nya penghasilan seseorang bisa menjadi kaya, tapi oleh karena seberapa besar orang tersebut mau berkorban, dalam hal ini berinvestasi, untuk masa depannya. Walaupun Anda katakan bahwa penghasilan yang diterima sedang-sedang saja, namun Anda bisa rutin menyisihkan sebesar Rp 500 ribu perbulan adalah suatu hal yang luar biasa.

Saat ini anak Anda usianya 9 tahun. Berarti Anda memiliki waktu 9 tahun lagi untuk mempersiapkan dana pendidikan kelak masuk Perguruan Tinggi. Untuk tahu cukup atau tidaknya tergantung dari 2 hal, yaitu  pilihan universitas dan jurusan yang diinginkan dan juga pilihan investasinya. Sekarang saya akan kasih ilustrasi sederhana saja. Katakanlah Anda memilih Universitas swasta di Jakarta yang saat ini biaya kuliahnya yang terdiri dari uang masuk dan juga biaya semesteran hingga lulus sebesar Rp 50 juta. Dengan asumsi kenaikan biaya pendidikan pertahunnya 10 persen, maka besarnya biaya yang perlu dipersiapkan ketika anak Anda masuk kuliah 9 tahun yang akan datang kurang lebih sekitar Rp 120 jutaan atau sekitar 2,5 kali nya dari biaya pendidikan sekarang.

Kabar Baik dari Perguruan Tinggi Pertiwi, Perkuliahaan untuk STIE dan STBA Pertiwi bila di hitung-hitung biayanya hanya Rp. 300 Ribu-an Per-bulan.
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment