Sepuluh Langkah Jitu Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir


Menentukan Judul Penelitian
Langkah pertama dalam strategi penulisan proposal tugas akhir adalah menentukan judul, judul dapat diperoleh dari masalah-masalah yang dapat di angkat pada saat inii maupun referensi dari penelitian terdahulu. Setelah itu kita melakukan finalisasi redaksi judul, yaitu pemantapan susunan kalimat pada judul skripsi ataupun tesis dan karya ilmiah.

Merancang Kerangka Proposal
Setelah finalisasi redaksi judul skripsi, langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka proposal. Bukan proposal utuh, tetapi sebatas kerangka, yaitu garis besar atau umum yang mencakup isi proposal.

Menyusun Poin-Poin Dalam Sub-Bab
Setelah garis-garis besar secara umum dibuat, langkah selanjutnya adalah memperinci secara lebih detail dan membuat poin-poin inti subbab; yaitu hal-hal  penting yang harus dipertajam dalam setiap bagian.

Selanjutnya  adalah menulis proposal Tugas Akhir dari awal hingga akhir, dengan strategi ini, membuat proposal skripsi atau tesis tidak akan memakan waktu hingga sepuluh hari.

Baca Kembali dan Edit
Setelah proposal disusun  secara lengkap, sebelum diajukan untuk diseminarkan, harus diedit terlebih dahulu. Editing di sini yaitu mempersiapkan naskah proposal sebelum diseminarkan, mulai dari salah ketik, penggunaan istilah asing, tata bahasa ilmiah, hingga penulisan footnote.

Seminar Proposal
Selanjutnya adalah mengikuti seminar proposal, karena tujuan seminar adalah mendapatkan saran dan masukan sebanyak mungkin, demi lebih baiknya penelitian yang akan dilakukan.

Revisi
Setelah dipresentasikan, proposal harus diperbaiki dengan mengacu pada saran dan masukan baik dari dosen maupun peserta seminar lainnya.

Olah Data dan Finalisasi
Fokuslah pada pengolahan data data dan analisis data
Setelah proposal skripsi diseminarka , masuk ke sepuluh hari kedua yaitu mengolah data dan analisis data atau pengumpulan data.

Agenda 10 Hari Tahap Ketiga

Pada tahap ini, ada tiga kegiatan penting yang perlu dilakukan yaitu, penulisan skripsi atau tesis, bimbingan dan ujian sidang skripsi

Itulah beberapa tips mengerjakan skripsi dalam 30 hari, apakah kamu sudah siap untuk mengerjakannya? Janganlah sekali-kali menunda pekerjaan, mulailah mengerjakan dari sekarang, tetap semangat dan selesaikan skripsi tepat waktu. Lulus kuliah 3,5 tahun,  siapa takut?
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment